GENDIS MANIS (GENERAL DISCUSSION MAHASISWA HUMANIS) BEM FAKULTAS HUKUM 2020

Pada tanggal 22 April 2020 lalu, BEM-FH telah melaksanakan satu Program Kegiatan di bidang diskusi, yang mana karena kondisi pandemic maka dilaksanakan secara daring, nama Program Kegiatan tersebut adalah GENDIS MANIS (General Discussion Mahasiswa Humanis) Season 1 dengan tema Kartini Millenial : “Hakikat Perjuangan Perempuan Millenial”.

Program Kegiatan tersebut merupakan program dari Departemen PSDM BEM Fakultas Hukum. Pada diskusi online tersebut menghadirkan seorang perempuan sebagai pembicara bernama Delila Putri Sadayi dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang merupakan Mahasiswa Berprestasi 3 UMY dan Founder Woman Protection System. Serta diskusi tersebut diikuti oleh mahasiswa yang mayoritas perempuan dari berbagai universitas.

Diskusi berlangsung sangat interaktif, terjadi sharing pendapat antara narasumber dengan peserta, yang mana saling memberikan pandangan baru bagi teman-teman di dalam forum tersebut. Pembahasan sesuai dengan tema yakni perjuangan perempuan di masa kini, bagaimana sikap perempuan yang tentu berbeda dengan perempuan dimasa lampau, serta menyinggung mengenai perempuan di beberapa bidang. Tentu hal tersebut akan membuka pandangan mengenai hakikat seorang perempuan yang tidak dibatasi oleh diskriminasi gender.

Atas beberapa pandangan, moderator mengambil garis besar atau titik pandangan dalam diskusi tersebut sebagai berikut : Dari diskusi tersebut disepakati bahwa kita belajar untuk tidak menganggap satu perspektif merupakan sikap yang bisa dibenarkan. Kita harus mengakui bahwa ada perspektif lain dalam memandang ‘Siapa’ itu perempuan. Yang pasti, perempuan itu tidak bisa dibatasi pemikirannya, tidak dapat dibatasi cita-citanya, Kartini sudah memperjuangkan kedudukan perempuan, maka, mari kita teruskan perjuangan Kartini di masa sekarang, jadilah Kartini Millenial yang berdikari tanpa mengesampingkan hakikat kita sebagai seorang perempuan. Perlahan kita runtuhkan budaya patriarki, perlahan kita munculkan kesadaran terhadap kedudukan seorang perempuan. Perempuan dan laki-laki saling membutuhkan, bukan saling menjatuhkan, pun sesama perempuan, mari kita saling menguatkan.


Demikianlah diskusi online yang dilaksanakan untuk merayakan Hari Lahir Kartini, dari
diskusi tersebut para perempuan dapat mengambil beberapa cara pandang baru dari teman-teman
yang lain, yang selanjutnya dapat membuka diri untuk mengembangkan diri tanpa dibatasinya
gender, serta memberi pandangan betapa berharganya perempuan.

KABINET PROGRESIF


CATEGORIES : Forum Diskusi/ AUTHOR : bemfhb